Tips Sehat Diet Untuk Penderita Hipertensi

Selamat datang kembali pada situs Obat Hipertensi. Jika Anda adalah seorang penderita hipertensi yang sedang menjalani diet, atau bingung memilih menu makanan apa saja yang bagus dan sehat agar hipertensi tidak kambuh-kambuhan? Tidak perlu khawatir, simak beberapa Tips Sehat Diet Untuk Penderita Hipertensi berikut ini yang didapat dari forum kesehatan ternama. Selengkapnya:

Tips Sehat Diet Untuk Penderita Hipertensi

  1. Jika Anda penderita hipertensi sebaiknya kurangi asupan semua produk hewani seperti daging, ikan, telur, unggas dan susu. Makanan ini sarat dengan lemak hewani, lemak ini diserap lebih cepat dari lemak nabati dalam tubuh kita, yang menyebabkan pembentukan plak lebih cepat.
  2. Kurangi makan-makanan berminyak, margarin, Vanaspati, dll lemak yang terjadi pada tanaman kurang berbahaya daripada lemak hewan, tetapi semua-sama dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Jika Anda merasa bahwa minyak merupakan bagian penting dari diet Anda, maka Anda bisa memilih untuk makan kacang-kacangan karena kandungan serat didalamnya dapat membantu mengurangi kecepatan di mana lemak dilepaskan ke dalam tubuh.
  3. Menghindari semua makanan olahan atau kemasan. Makan-makanan buatan sendiri yang terbaik untuk kesehatan Anda. Makanan kemasan biasanya sarat dengan lemak. Hal ini biasanya dilakukan oleh produsen untuk meningkatkan keawetan makanan tersebut.
  4. Mengurangi asupan garam berlebih. Berpegang pada air dalam tubuh meningkatkan tekanan darah. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 1 sendok teh (6 gram garam) perhari. Gunakan bumbu seperti lada, cabai kering, jus lemon dll untuk menambahkan rasa pada makanan Anda. Hindari makanan olahan seperti roti, biskuit, daging kaleng, karena mereka sarat dengan garam berlebih.
  5. Hindari konsumsi alkohol karena tidak memiliki kalori, dan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan dan tekanan darah Anda. Hal ini juga mempengaruhi otot-otot dalam pembuluh darah menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
  6. Jika Anda penikmat minuman kopi, sayang sekali kali ini asupannya harus dibatasi jika Anda termasuk pendeirta hipertensi. Mengapa? karena kopi termasuk stimulan dan dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Meskipun efek kopi bersifat sementara, mereka memiliki efek pada penderita hipertensi. Minum kopi sesekali tidak apa-apa.
  7. Sertakan berbagai buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda karena mengandung kalium dan serat. Mereka memiliki efek berlawanan dengan natrium dan mencegah retensi air, sehingga mengurangi tekanan darah. Pastikan untuk menyertakan 3-4 buah buahan dan 4-5 porsi sayuran dalam sehari. Cobalah mengkonsumsi sayur dan buah secara keseluruhan, yang berarti bahwa Anda harus menghindari mengupas buah-buahan dan sayuran sedapat mungkin.
  8. Sertakan juga gandum dan biji-bijian dalam diet Anda. Serat yang terkandung dalam seluruh makanan membantu untuk memecah kolesterol disimpan di artieries, membuat darah lebih cair dan mengalir bebas dengan melepaskan lemak sangat lambat ke dalam aliran darah.
  9. Dapatkan asupan cukup vitamin D dari sinar matahari dan makanan yang diperkaya vitamin D seperti susu, sereal, yoghurt, dll karena jika tubuh kekurangan vitamin D efeknya akan mempengaruhi tekanan darah dikarenakan Vitamin D memainkan peran penting dalam metabolisme kalsium. Kalsium penting untuk kontraksi normal otot polos.
  10. Pilihlah lemak baik seperti minyak zaitun, minyak Ricebran, ikan dan biji rami dengan asam lemak omega 3 karena mereka mencegah kenaikan berat badan dan membantu untuk menjaga tekanan darah menjadi normal. Hindari makanan yang digoreng, ghee, mentega dan margarin.

Demikianlah, beberapa tips sehat untuk diet yang dapat dijalani oleh penderita hipertensi. Semoga beberapa tips diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !