Tips Berpuasa Yang Aman Untuk Penderita Hipertensi

Penderita Hipertensi yang menjalani ibadan puasa, perlu memperhatikan beberapa hal penting agar puasa yang dilakukan berjalan lancar.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut juga berkaitan dengan penjagaan tekanan darah agar tetap stabil.

Tips Berpuasa Yang Aman Untuk Penderita Hipertensi

Walaupun kondisi tekanan darah orang berbeda-beda, namun tetap akan ada kisaran normalnya. Pada tekanan pembuluh darah arteri saat Jantung berkontraksi (tekanan sistolik), biasanya ada pada angka 90-120 mmHg. Sedangkan tekanan saat jantung relaks (tekanan diastolik), berada pada angka normal 60-80 mmHg.

Agar kondisi tekanan darah saat berpuasa tetap stabil dan terjaga, ada beberapa tips berikut ini yang bisa diikuti. Antara lain :

  • Sebisa mungkin mengurangi atau hindari makanan yang mengandung lemak. Sebaiknya ganti lemak hewani dengan lemak nabati dan lemak ikan.
  • Konsumsi lemak jenuh dan kolesterol dengan mengurangi makanan yang digoreng dengan cara deep fry dan seafood (kecuali ikan). Bila perlu, gunakan minyak yang berasal dari kedelai, biji bunga matahari, atau minyak zaitun untuk menumis.
  • Konsumsi garam secukupnya dan hindari makanan yang terlalu asin.
  • Konsumsi protein secukupnya. Khusus penderita hipertensi karena kelainan ginjal, kelebihan protein bisa memperberat kerja ginjal yang sudah tidak optimal. (motherandbaby).

Posted by Obat Hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.