Terapi Non Farmakologi Bagi Penderita Hipertensi

Hipertensi atau lebih dikenal oleh masyarakat awam sebagai gangguan tekanan darah tinggi termasuk kondisi dimana cairan darah menekan dengan kuat pada dinding arteri pembuluh darah. Akibat kondisi ini biasanya penderitanya mengalami gejala-gejala seperti merasa pusing, lemas dan kelelahan, mimisan, muka memerah, sakit di bagian belakang leher dan lainnya. Hal ini pun semakin menggambaran dengan jelas dalam medis jika penyakit Hipertensi yang dibiarkan dapat berbahaya bahkan salah satunya menyebabkan pembuluh darah terputus hingga kematian.

Terapi Non Farmakologi Bagi Penderita Hipertensi

Jika Hipertensi ini terabaikan, maka berbahaya sekali efeknya hingga menyeababkan pembuluh darah putus dan tekanan aliran darah menjadi lebih besar. Cara mengatasi Hipertensi ini bisa dengan obat, ataupun cara lainnya salah satunya dengan terapi non farmakologi (perawatan Hipertensi tanpa obat). Berikut adalah beberapa tipsnya.

Salah satu cara yang sebenarnya mudah dilakukan namun karena beberapa faktor membuat penderita Hipertensi jarang melakukan olahraga. Ya, olahraga ternyata cukup baik manfaatnya untuk menurunkan rekanan darah. Selain itu, olahraga juga membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Berolahraga memberikan efek mengurangi kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Berolahraga yang disarankan adalah 30 menit dengan jenis olahraga seperti senam, jogging, jalan cepat dll.

  • Diet.

Penderita Hipertensi juga sebaiknya melakukan terapi non farmakologi dengan diet. Kandungan lemak pada tubuh berupa kolesterol jahat dapat membuat siapapun menjadi penyebab tubuhnya gemuk. Jika hal ini terjadi pada penderita Hipertensi, alangkah baiknya untuk segera melakukan diet yang membantu memberantas kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Menghindari rokok dan alkohol.

Penderita Hipertensi juga sebaiknya menghindari kebiasaan merokok dan alkohol untuk kesehatan tubuhnya. Merokok dan minum-minuman beralkohol juga memicu kolesterol jahatmenumpuk pada pembluh darah.

  • Membuat suasana hati dan pikiran menjadi rileks.

Salah satu pemicu tekanan darah tinggi yaitu stres. Stres dapat memicu Hipertensi, maka dari itu penderita Hipertensi sebaik-baiknya pandai untuk mengelola stres yang mereka hadapi juga membuat suasana hati dan pikiran lebih relaks dari sebelumnya.

Baca juga : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *