Tentang Kolesterol

Tentang Kolesterol,- Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal kolesterol adalah kadar yang tidak baik yang terdapat didalam tubuh. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu, kolesterol memiliki dua jenis, yakni kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein).

tentang kolesterolPertama adalah kolesterol HDL, atau kolesterol baik yang mana kolesterol ini sangat dibutuhkan tubuh atau lemak yang dibutuhkan untuk membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. Kolesterol HDL yang normal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl pada laki-laki,. dan diatas 50 mg/dl untuk perempuan. Penyebab kolesterol baik yang rendah adalah kurangnya gerak tubuh, kebiasaan merokok serta terlalu gemuk. Selain itu hormon testosteron pada laki-laku, steroid anabolik dan progesteron bisa menurunkan kadar kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen pada wanita dapat menaikan kadar HDL.

Kedua, adalah kolesterol LDL, yang dimaksud dengan LDL atau kolesterol jahat, adalah kolesterol merupakan lemak yang menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak ini semakin lama akan semakin menebal dan keras yang kemudian dinamakan sebagai arterioklerosis dan menyebabkan aliran darah tersumbat. Jika kadar kolesterol didalam darah mencapai 100mg/dl maka kolesterol tersebut sudah masuk dalam ukuran optimal, sedangkan kolesterol yang termasuk kedalam kategori pembatasan / borderline dari 100-129 mg/dl. Jika diatas 130 dan disertai dengan fakto lain seperti perokok, pengidap diabetes, tidak berolahraga, obesitas dan mencapai 160 bahkan lebih, harus segera dilakukan pengobatan.

Pada umumnya kolesterol tinggi banyak diderita adalah gangguan masalah kesehatan seperti obesitas akan tetapi bukan berarti orang kurus juga tidak akan mengalaminya apalagi jika konsumsi makanan mereka yang rendah serat dan lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Selain dari makanan, kolesterol juga bisa didapat dari leluhur karena bersifat keturunan. Oleh sebab itu, semua orang tidak mengenai bentuk fisik, yang belum menderita koloesterol tinggi mulailah dari sekarang untuk menjaga pola makan dan melakukan kegiatan seperti olahraga dan melakukan pola hidup sehat. Kolesterol diketahui adalah pemicu banyak dari masalah kesehatan berbagai jenis penyakit berat seperti hipertensi, gangguan jantung hingga stroke. Sebenarnya kolesterol adalah kadar yang dibutuhkan tubuh apabila kadarnya cukup, dan akan menimbulkan masalah jika kadarnya berlebih.

Jenis-Kolesterol1Fakta lain dari kolesterol yang penting untuk diketahui adalah Trigliserida, yang merupakan satu jenis lemak yang terdapat didalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. Jika kadar trigliserida ini naik, secara otomatis kadar kolesterol juga akan naik. Seperti halnya jenis kolesterol lainnya, trigliserida akan bertambah dengan pengaruh dari beberapa faktor seperti kegemukan, konsumsi alkohol dan konsumsi makanan yang berlemak. Tingginya kadar trigliserida (TG) dapat dkontrol dengan diet rendah karbohidrat.

Apapun jenisnya, jika kolesterol sudah dalam kadar yang tertinggi maka pengobatan harus dilakukan. Tapi ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti kolesterol tinggi, ubahlah pola hidup Anda sekarang juga. Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang simbang serta barengi dengan kegiatan positif seperti berolahraga, karena sehat adalah hak milik kita semua.

Semoga apa yang saya tulis diatas artikel sederhana Tentang Kolesterol dapat menjadi satu pengetahuan baru untuk Anda. Mohon maaf jika masih ada kekurangan didalamnya karena saya juga masih belajar. Terima kasih atas kunjungannya pada situs obathipertensi.net, semoga bermanfaat dan salam sehat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *