Sayuran Yang Berbahaya Untuk Hipertensi

Sayuran Yang Berbahaya Untuk Hipertensi,- Disamping buah, sayuran termasuk jenis makanan yang sebisa mungkin kita cukupi kebutuhan konsumsinya setiap hari.

Namun, dikarenakan kondisi tertentu tidak semua orang bisa mengkonsumsi sayuran. Termasuk mereka yang menderita Hipertensi atau darah tinggi. Ada sebagian sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi dan dihindari oleh penderita Hipertensi.

Sayuran Yang Berbahaya Untuk Hipertensi

Sayuran Yang Berbahaya Untuk Hipertensi

Berikut ini merupakan jenis sayuran yang berbahaya untuk Hipertensi.

  • Acar.

Acar adalah sayuran yang juga kita kerap konsumsi sebagai lalapan, namun ternyata acar berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Biasanya Acar kita makan bersama dengan sandwich dan nasi goreng, atau menu lainnya. Namun kita pun perlu tahu dan menerima fakta bahwa acar dipenuhi dengan natrium atau garam. Kandungan sebesar 2355 mg Natrium ada terdapat pada Acar yang berukuran medium dengan panjangnya kurang lebih 3,75 inci. Itu artinya, asupan yang masuk ke dalam tubuh kita sudah jauh lebih dari batas yang dianjurkan. Untuk batas normal yang harusnya kita konsumsi adalah 2300 mg natrium per hari. Maka dari itu, sayuran acar sebaiknya ditinggalkan dulu hingga darah tinggi kembali normal dan stabil. Tentu Anda tidak akan memilih untuk membahayakan diri sendiri dengan mengonsumsi acar yang dibuat dari campuran garam, gula dan cuka.

  • Sayur yang dmasak dengan santan.

Pada dasarnya semua Sayur itu memiliki Vitamin dan juga bermineral tinggi, namun karena pengolahan lah yang terkadang justru mampu membuat kita mengidap penyakit tertentu. Supaya Hipertensi tidak semakin parah, hindari memasak sayur dengan santan. Tentu sayur bersantan, seperti sayur lodeh akan memicu darah tinggi semakin selangit, apalagi kalau dikonsumsi terlalu sering.

  • Sayur Asin.

Bagi yang tadinya sangat menggemari menu sayur asin, sebaiknya sekarang tidak boleh sembarangan lagi dalam mengonsumsi sayur asin. Sayur yang diasinkan ini sudah jelas tak bagus untuk penderita Hipertensi. Memilih jenis sayur lain untuk dimasak dan mengolahnya dengan cara merebusnya tanpa menggunakan garam atau setidaknya memasukkan garam sedikit saja bakal lebih baik. Ingat bahwa asupan sodium harus dibatasi secepatnya ketika kita sudah berada pada level prehipertensi. Asupan yang benar dan perlu dijaga adalah 1500 mg setiap harinya.

  • Tomat kalengan.

Sayur tomat memang merupakan salah satu jenis sayur dengan kandungan nutrisi tinggi. Tomat juga adalah makanan yang mengandung vitamin E. Tomat bisa dikonsumsi sebagai lalapan pada umumnya, tapi tentu ini baik untuk dikonsumsi asalkan bukan tomat kalengan. Perlu diketahui bahwa kadar garam pada saus tomat maupun jus tomat kalengan mengandung kadar tinggi akan garam. Ada sekitar 680 mg sodium di dalam jus tomat per cangkirnya, sedangkan ada 1300 mg sodium yang tersedia pada seporsi spaghetti daging dengan saus tomat. Karena kandungan garamnya yang begitu tinggi tersebutlah, para pengidap darah tinggi harus lebih waspada dan menjadi selektif. Layaknya produk kalengan lainnya, tentu proses pembumbuan lebih dari biasanya sehingga tak akan baik untuk tubuh.

  • Sayuran kalengan lainnya.

Selain dari tomat kalengan, jenis sayuran apapun yang termasuk dalam produk kalengan sebaiknya tak usah dibeli. Makanan kaleng memang sangat simpel dan instan untuk diolah, tapi ini bukan lantas berarti makanan tersebut sehat. Justru sayuran yang sudah melalui proses pengalengan adalah yang memiliki kadar tinggi akan sodium. Jika tetap ingin, cobalah untuk mencari sayur kalengan yang mencantumkan kadar sodiumnya. Sebelum membeli, sebaiknya lihat dan cek dengan seksama pada makanan kaleng tersebut seberapa tinggi kadar natrium atau sodiumnya. Bila masih tergolong aman, sesekali mengonsumsinya tak akan meningkatkan darah tinggi terlalu drastis.

Selain itu, beberapa makanan dan minuman lainnya yang perlu dihindari oleh penderita Hipertensi adalah buah kalengan, minuman kemasan, kopi atau minuman berkafein, daging beku, dan makanan berlemak jenuh.

Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengkonsumsi jenis makanan mana yang sehat dan baik bagi penderita Hipertensi.

Demikianlah selengkapnya mengenai Sayuran Yang Berbahaya Untuk Hipertensi. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.