Puasa, Penderita Hipertensi Hindari Konsumsi Garam

Menurut kabar langsung dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk penderita Hipertensi, sebaiknya mengurangi asupan garam dan gorengan selama berpuasa. Kabar tersebut adalah bagian dari program kesadaran kesehatan dan keselamatan tahunan kementerian yang dilaksanakan selama Ramadhan.

Puasa, Penderita Hipertensi Hindari Konsumsi Garam

Pejabat kementerian merekomendasikan jika pasien Hipertensi sebaiknya mengkonsumsi produk susu rendah lemak. Alasannya karena tidak lain produk susu tersebut mengandung ragi yang membantu menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu saja, penderita Hipertensi juga disarankan untuk mengkonsumsi obat Hipertensi dua jam setelah berbuka agar tubuh cepat pilih dan cukup cairan setelah sarapan. Pasien yang lupa minum obat tersebut disarankan untuk melakukannya kapan pun mereka ingat pada hari yang sama. Jika mereka ingat keesokan harinya, mereka seharusnya tidak melipatgandakan dosis reguler.

Konsultan di International Medical Center di Jeddah, yakni Dr. Abdul Hameed Hassan mengatakan bahwa “Kebanyakan masyarakat modern menjalani kehidupan yang mengarah pada hipertensi. Seiring bertambahnya usia, situasi semakin memburuk. Hampir separuh dari semua lansia menderita hipertensi.Penyakit ini membuat orang lebih rentan terkena stroke, tiga kali lebih mungkin terkena serangan jantung, dan dua sampai tiga kali lebih mungkin mengalami gagal jantung.”

Dalam studi tersebut menunjukkan jika pada makanan tinggi lemak khususnya lemak jenuh berisiko menyebabkan Hipertensi karena banyaknya kandungan Garam. Risiko lainnya juga akan lebih tinggi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih, jarang berolahraga, asupan kafein tinggi, perokok, dan sudah mengidap kolesterol tinggi sebelumnya. Untuk mengatasinya, penderita Hipertensi disarankan untuk menjalani pola hidup sehat.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !