Pola Hidup Sehat Yang Tepat Untuk Penderita Hipertensi

Penyakit Hipertensi sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mengapa demikian? Sebab, hampir semua kalangan masyarakat kita secara sadar atau bahkan tidak menderita penyakit yang biasa disebut ‘silent killer’ ini. Hal ini dikarenakan Hipertensi yang tidak memiliki gejala, sehingga sebagian orang tidak menyadari keberadannya.

Jika Hipertensi ini terabaikan tanpa penanganan yang benar, maka berisiko menimbulkan komplikasi penyakit diantaranya serangan Jantung, Stroke dan gagal ginjal.

Apa sebenarnya yang memicu Hipertensi dan penyebab Hipertensi ini terjadi? Ternyata salah satunya adalah kebiasaan kita mengkonsumsi makanan berpengawet, junkfood, makanan dengan kadar garam tinggi dan pola hidup yang tidak sehat.

Selain dengan pengobatan Hipertensi melalui obat, Anda juga perlu mengubah pola hidup Anda sekarang ini. Untuk membentuk pola hidup yang sehat bagi penderita Hipertensi, mungkin dibawah ini bisa jadi beberapa opsi untuk memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan terhindar dari Hipertensi serta komplikasi Hipertensi yang bisa terjadi kapanpun.

Pola Hidup Sehat Yang Tepat Untuk Penderita Hipertensi

1. Berolahraga.

Berolahraga memang baik untuk kesehatan, rutin berolahraga juga ternyata baik untuk penderita Hipertensi. Namun, penderita Hipertensi tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Anda cukup melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, bersepeda, renang, dan sebagainya.

Berolahraga ringan juga cukup besar manfaatnya. Dengan berjalan kaki saja, tekanan darah Anda akan turun sekitar 6 – 8 mmHg. Jalan kaki juga akan membuat Jantung tidak perlu berupaya terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sebab jantung dapat menggunakan oksigen dengan efisien. Anda dapat melakukannya selama 30 – 45 menit setiap hari dalam seminggu.

2. Yoga.

Menurut sebuah penelitian, melakukan kegiatan yoga setiap hari dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Dengan melakukan yoga, tekanan darah Anda akan menurun kurang lebih sebanyak 4,5 – 4,9 mmHg. Hal ini dikarenakan Yoga dapat menenangkan sistem saraf simpatik yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

3. Mengurangi lembur.

Penderita Hipertensi biasanya menyerang para pegawai kantoran. Maka dari itu kurangilah melembur pekerjaan Anda setiap hari. Karena selain dapat meningkatkan stres, lembur juga memiliki potensi membuat Anda jarang berolahraga dan jarang mengonsumsi makanan sehat.

4. Berhenti merokok.

Semua orang tahu jika merokok adalah kebiasaan yang sangat tidak baik bagi tubuh. Dengan merokok, dinding pembuluh darah Anda akan mudah terluka dan pembuluh darah akan mengeras lebih cepat. Karena hal inilah yang akhirnya dapat menyebabkan seseorang mengalami Hipertensi.

5. Mendengarkan musik klasik.

Berdasarkan beberapa penelitian, dengan mendengarkan musik-musik gubahan Beethoven, Mozart, Chopin, dan Bach dapat berkontribusi dalam menurunkan tensi darah Anda. Mendengarkan alunan musik klasik selama 30 menit sembari bernapas secara perlahan mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 3,2 mmHg dalam seminggu. Luar biasa, bukan?

Jadi, sebaiknya dimulai dari sekarang periksakan kesehatan Anda apakah berisiko terkena Hipertensi. Jika iya, segera perbaiki pola hidup Anda. Semoga bermanfaat.

Posted by Obat Hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *