PMS Juga Memicu Kondisi Hipertensi Pada Wanita

Kaum wanita sudah terbiasa dengan kedatangan ‘tamu bulanan’ tiap bulannya, yaitu siklus menstruasi yang perupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

PMS Juga Memicu Kondisi Hipertensi Pada Wanita
Terkadang memang, menstruasi ini membuat sebagian wanita tidak nyaman, namun siklus menstruasi yang teratur merupakan tanda dari kondisi tubuh baik-baik saja. Berbeda kasusnya jika merek mengalami sindrom pramenstruasi atau PMS yang justru membuat kemunculan beberapa gangguan kesehatan menjelang siklus menstruasi tiba. Selain membuat rasa tidak nyaman, ternyata hal tersebut juga dapat memicu tubuh mengalami Hipertensi, atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi.

Seperti laporan yang dirilis oleh American Journal of Epidemiology yang mempelajari hubungan keterkaitan antara sindrom PMS dengan Hipertensi pada wanita muda. Para peneliti menemukan fakta bahwa kondisi wanita yang mengalami sindrom PMS berkaitan langsung dengan gangguan Hipertensi. COntohnya ketika PMS sendiri memicu masalah yang terjadi pada sistem renin-angiotensin aldosteron. Sistem tersebut adalah sebuah hormon yang memiliki peranan besar dalam menjaga keseimbangan volume darah, natrium hingga penyempitan pada anteri. Penelitian tersbeut dilakukan pada kelompok wanita dewasa yang berusia 25 sampai 42 tahun. Dan mereka menunjukkan gejala PMS yang amat buruk dengan rasa sakit yang mendapatkan penyakit Hipertensi lebih dari 40% sekama 20 tahun dalam kehidupannya.

Pada wanita yang berusia 40 tahun kebawah lebih beresiko terkena masalah Hipertensi sangat tinggi bersama dengan sindrom PMS yang buruk. Gejala yang terlihat pada wanita yang memiliki masalah pada PMS dengan gangguan Hipertensi biasanya merasakan rasa pegal, rasa sakit di lutut, pusing, dan suasana hati yang tidak menentu.

Baca juga : Kebiasaan Menonton TV Tingkatkan Resiko Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !