Penyebab Sering Pingsan Dan Badan Lemah

Sering pingsan dan badan terasa lelah dan lemah mungkin dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Salah satu penyebab dari seseorang mengalami hal tersebut adalah faktor tekanan darah, terutama tekanan darah tinggi atau Hipertensi, Namun sebenarnya tidak hanya karena penyakit Hipertensi, bisa juga terjadi karena penyakit lain, namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi khusus mengenai penyakit Hipertensi dengan gejala tubuh sering mengalami pingsan dan lemah.

Penyebab Sering Pingsan Dan Badan Lemah

Seperti yang kita ketahui, penyakit Hipertensi terbagi menjadi hipertensi sekunder dan hipertensi primer. Hipertensi sekunder pada anak dan remaja, disebabkan oleh penyakit lain, misalnya penyakit ginjal yang dapat mempengaruhi metabolisme air, sehingga mempengaruhi tekanan darah. Hipertensi primer pada anak dan remaja, penyebabnya tidak diketahui, dan mempunyai beberapa faktor risiko, antara lain obesitas dan riwayat keluarga dengan hipertensi.

Tekanan darah, dipengaruhi oleh denyut jantung dan cardiac output. Jika denyut jantung meningkat, maka tekanan darah kemungkinan besar juga ikut meningkat. Selain dikarenakan suatu kondisi medis, tekanan darah yang meningkat juga dapat disebabkan oleh denyut jantung yang berdebar cepat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh suatu situasi psikologis.

Pingsan atau sinkop yang terjadi, beberapa penyebabnya adalah :

  • Gangguan sistem sirkulasi, misalnya karena dehidrasi, perdarahan, tekanan darah rendah, gangguan irama jantung.
  • Kondisi metabolik seperti hipotiroidisme, hipoksemia.
  • Gangguan sistem saraf pusat, seperti sindrom hiperventilasi, hidrosefalus, sakit kepala migrain, dan serangan panik.
  • Kondisi psikologis.

Namun untuk mengetahui kondisi lanjut penyebab tubuh mudah pingsan dan kelelahan sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter, karena dokter akan memberitahukan kondisi yang terjadi pada Anda dan Anda pun nanti dapat melakukan tindakan yang cepat dalam pengobatannya.

Semoga bermanfaat,

Baca juga : Cegah Hipertensi Dengan Terapkan Pola Hidup Sehat

Penyebab Sering Pingsan Dan Badan Lemah |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *