Penyebab Darah Mengental Dalam Tubuh

Penyebab Darah Mengental Dalam Tubuh,- Banyak sekali penyebab darah mengental, beberapa penyebab yang sering terjadi adalah karena trauma atau benturan secara fisik, stress, kelelahan, bahkan alergi. Biasanya penggumpalan darah sering ditandai dengan timbulnya bercak biru di kulit seperti memar. Kalau ada bercak biru di kulit, sebaiknya langsung coba untuk diperiksakan ke dokter, karena biasanya beberapa penyakit berat diawali dengan timbulnya bercak biru. Namun untuk beberapa kasus penggumpalan darah, ada juga yang tidak timbul bercak biru. Inilah yang patut diwaspadai.
darah kentalDarah kental juga bisa karena tubuh kekurangan trombosit, yaitu cairan darah yang berperan dalam pembekuan darah sehingga menyebabkan darah menjadi lengket / melekat satu sama lain dan menyebabkan aliran darah tidak lancar. Jika pasien yang mempunyai darah kental juga menderita kolesterol serta diabetes, kondisinya akan lebih buruk dan akan menyebabkan datangnya penyakit berat seperti stroke jika terjadi di otak, dan akan menyebabkan sakit jantung jika terjadi pada sel jantung.

Dalam dunia kedokteran, darah kental bukan hal yang baru, tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya atau waspada dengan darah kental. Kekentalan darah juga bisa terjadi karena kurangnya asupan air didalam tubuh. Anjuran untuk minum air sebanyak 8 gelas perhari salah satunya adalah untuk mengurangi darah kental. Jumlah tersebut harus ditambah untuk perokok dan pekerja yang lebih banyak duduk.

Seorang spesialis hematologi-onkologi (konsultan) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Aru W Sudoyo mengatakan bahwa Di dunia kedokteran membenarkan fakta bahwa darah kental memang bukan hal baru, tetapi karena tidak banyak orang yang mengetahuinya, kewaspadaan terhadap penyakit darah kental tidak banyak diupayakan.   Padahal, sudah banyak korban stroke atau serangan jantung akibat darah kental.

Di Indonesia sendiri belum ada data / jumlah pasien usia muda yang mengalami darah kental. Kasus darah kental banyak terjadi pada laki-laki, namun bukan berarti perempuan juga tidak akan mengalami resiko darah kental. Masuknya perempuan ke dunia kerja diduga berhubungan dengan semakin banyak perempuan yang terkena sindrom darah kental. Perempuan bekerja bebannya semakin banyak sehingga mereka rentan stres.

– Penyebab Darah Mengental Dalam Tubuh –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !