Penyebab Dan Pencegahan Hipertensi Pada Usia Tua

Tekanan darah dapat dilihat sebagai satu barometer kesehatan keseluruhan dalam sirkulasi darah. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi adalah memiliki risiko yang lebih besar untuk gagal jantung, stroke, penyakit kronis ginjal dan kerusakan arteri itu (mirip dengan kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi), yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Penyebab Dan Pencegahan Hipertensi Pada Usia Tua

Ini tidak berbeda dari orang-orang yang sampai pada usia lanjut mereka. Sementara hampir satu dalam tiga orang di negara berkembang mengalami tekanan darah tinggi, seperti tekanan darah tinggi sering disebut, tekanan darah biasanya meningkat dengan usia, terutama ketika seseorang telah melalui usia setengah abad mereka. Menurut Nasional jantung, paru-paru, dan darah Institute, seseorang yang memiliki tekanan darah yang sehat pada usia 50 memiliki 90% peluang mengembangkan tekanan darah tinggi kemudian nanti dalam kehidupan.

Kriteria dan Klasifikasi

Menurut WHO (World Health Organization) batas normal tekanan darah adalah 120-140 mmHg sistolik dan 80-90 mmHg diastolik. Dan seseorang dinyatakan mengidap hipertensi bila tekanan darahnya > 140 mmHg tekanan sistolik dan 90 mmHg tekanan diastoliknya.

Klasifikasi Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg)
Normal < 140 < 90
Hipertensi  Ringan 140-180 90-105
Hipertensi  perbatasan 140-160 90-95
Hipertensi sedang dan berat >180 >105
Hipertensi sistolik terisolasi >140 <90
Hipertensi sistolik perbatasan 140-160 <90

Hipertensi pada lansia / lanjut usia juga memiliki gejala, diantaranya adalah sakit kepala, vertigo, mual disertai muntah, peradangan hidung, sesak napas, perubahan penglihatan hingga nyeri dada dan adanya kesemutan pada tangan serta kaki. Karena bahaya yang mengintai di balik penyakit Hipertensi ini, maka sangat dibutuhkan adanya pencegahan sedari dini terhadap tekanan darah tinggi. Hal utama yang harus dilakukan adalah dalam mengontrol gaya hidup sehat. Usia lanjut bukan alasan untuk tidak memulai menerapkan gaya hidup sehat dan berpikir ini semua sudah terlambat, tentu saja tidak. Anda bisa memulai pola hidup sehat dengan cara yang cukup mudah terlebih dahulu seperti konsumsi sayur dan buah serta olahraga teratur disertai dengan istirahat cukup.

Baca juga : Ini Dia Faktor Pemicu Dari Penyakit Hipertensi

Penyebab Dan Pencegahan Hipertensi Pada Usia Tua |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *