Penyakit Yang Timbul Akibat Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi, yang muncul akibat beberapa penyebab. Paling umum terjadi akibat gaya hidup tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan memicu kolesterol tinggi hingga kenaikan tekanan darah. Selain itu, kebiasaan masyarakat yang sebagian besar kurang maksimal dalam menganut gaya hidup sehat juga membuat penyakit yang disebut dengan ‘silent killer‘ ini terjadi pada siapapun, tanpa mengenal usia, dari mulai anak, remaja, hingga dewasa.

Pemahaman tentang penyakit Hipertensi tidak boleh berhenti sampai disana saja, Anda juga harus mengetahui bahwa penyakit Hipertensi bisa memicu terjadinya penyakit lain atau disebut komplikasi. Penyakit yang timbul akibat Hipertensi juga tidak boleh dianggap sepele, karena justru jenis penyakit Komplikasi yang malah semakin membahayakan.

Penyakit Yang Timbul Akibat Hipertensi

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit yang bisa muncul karena Hipertensi. Diantaranya :

1. Stroke.

Penyakit Stroke tidak hanya mengancam penderita Jantung, namun berawal dari Hipertensi juga bisa berakhir menderita Stroke. Hal ini terjadi akibat tekanan darah yang terlalu tinggi mengakibatkan pecahnya pembuluh darah di otak. Kasus seperti ini biasanya terjadi secara mendadak dan menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit.

2. Gagal Ginjal.

Kedua adalah penyakit gagal ginjal. Berdasarkan data dari Indonesian Renal Registry (IRL) tahun 2013 silam, penyebab utama kasus gagal ginjal di Indonesia ternyata adalah penyakit Hipertensi, sedangkan dalam banyak kasus gagal ginjal di dunia difaktori oleh Diabetes.

Tingginya tekanan darah dapat berakibat pada pembuluh darah dalam ginjal tertekan, lalu berdampak pada pembuluh rusak. Hipertensi juga menghambat proses penyaringan dalam ginjal untuk bekerja dengan baik. Kondisi ini merusak ginjal. Akibatnya fungsi ginjal menurun hingga akhirnya mengalami gagal ginjal.

3. Gagal Jantung.

Gagal jantung juga dapat terjadi akibat Hipertensi tinggi, sehingga memaksa otot jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah dan menyebabkan pembesaran otot jantung kiri. Akibatnya jantung mengalami gagal fungsi. Dalam keadaan tubuh menderita Hipertensi, otot-otot jantung harus memompa darah dengan tenaga yang lebih kuat demi melawan tekanan didalam pembuluh darah aorta yang meningkat sehingga kebutuhan akan oksigen dapat dipenuhi. Namun lama-kelamaan otot jantung akan bertambah besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal tersebut juga berpengaruh pada dinding pembuluh darah otot jantung. Jadi, Hipertensi dapat menyebabkan pembesaran jantung dan gangguan pembuluh darah yang bila tidak ditangani akan menyebabkan penyakit jantung kororner yang dapat berakibat kematian.

4. Demensia.

Selain Jantung dan Ginjal, penyakti Hipertensi juga merupakan faktor utama yang mempengaruhi terjadinya Demensia vaskuler pada pasien. Demensia  dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti genetik, usia, dan jenis kelamin, ada pula faktor yang dapat dimodifikasi seperti gaya hidup, seperti merokok serta penyakit-penyakit seperti Hipertensi dan Diabetes mellitus. Terdapat bukti bahwa Hipertensi dapat menyebabkan resiko Demensia dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian Hipertensi di usia menengah menjadi faktor resiko di usia senja. (sumber : Tempo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !