Penyakit Hipertensi Yang Sering Terjadi Pada Kaum Wanita

Jika kita mendengar kata ‘Hipertensi’ mungkin kita akan langsung berpikir dengan tekanan darah. Karena Hipertensi umumnya adalah tentang tekanan darah yang melebihi batas normal. Namun, ada jenis Hipertensi yang mungkin baru Anda ketahui, yaitu Hipertensi Paru.

Penyakit Hipertensi Yang Sering Terjadi Pada Kaum Wanita

Hipertensi paru kabarnya adalah jenis penyakit Hipertensi yang paling banyak terjadi pada wanita, khususnya wanita hamil. Penyakit Hipertensi paru ini juga masih berhubungan dengan kenaikan tekanan darah, bedanya tekanan darah tinggi ini hanya terjadi pada area pembuluh darah arteri paru yang berada pada sisi kanan dari jantung. Pembuluh darah inilah yang kemudian mengendalikan aliran darah menuju paru-paru.

Sayangnya penyakit Hipertensu paru ini belum terlalu dikenal masyarakat dan pakar kesehatan. Namun ternyata berdasarkan data kesehatan dunia, ada setidaknya 25 juta kasus penyakit Hipertensi paru yang menyebabkan penderitanya meninggal setelah kurang lebih 2 tahun setelah terdiagnosa penyakit ini. Data tersebut juga didapatkan di salah satu rumah  sakit di Yogyakarha, yaitu RSUP Sardjito, dari tahun 2012 hingga 2015 ditemukan 336 kasus hipertensi paru-paru dimana 80% penderitanya adalah perempuan.

Dijelaskan bahwa kondisi Hipertensi paru, diartikan sebagai kondisi dimana pembuluh darah arteri di paru dan pembuluh darah kapiler mengalami penyempitan. Akibatnya darah akan kesulitan untuk mengalir melewati organ paru-paru. Karena hal inilah, bilik kanan jantung akhirnya meningkatkan tekanan darah pada arah ini sehingga berpotensi menyebabkan jantung menjadi lebih lemah. Beberapa pakar kesehatan meyakini penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan sehingga perempuan yang menderita penyakit ini sebaiknya tidak boleh mendapatkan kehamilan karena beresiko menurunkan penyakit yang sama pada anaknya.

Penyakit Hipertensi paru juga dapat dikenali dari beberapa gejala yang muncul. Namun hati-hati jangan sampai gejala tersebut membuat Anda terkecoh karena terkadang gejalanya disamakan dengan penyakit bronkitis, sesak nafas, dan gangguan paru-paru kronis. Selengkapnya mengenai gejala dari penderita Hipertensi paru diantaranya adalah :

  • Mudah kelelahan.
  • Mudah pingsan.
  • Kaki sering membengkak.
  • Bibir membiru.

Jika gejala tersebut sudah terjadi, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi selanjutnya.

Baca juga : Benarkah Penyakit Hipertensi Berkaitan Dengan Penyakit Ginjal?

Penyakit Hipertensi Yang Sering Terjadi Pada Kaum Wanita |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *