Pengaruh Gula Terhadap Penyakit Hipertensi

Anggapan selama ini tentang garam, yang berpotensi besar menyebabkan seseorang mengalami Hipertensi. Sebabnya, banyak dari penderita Hipertensi untuk membatasi asupan garam. Namun ternyata, selain garam, gula juga berpengaruh terhadap kondisi Hipertensi.

Pengaruh Gula Terhadap Penyakit Hipertensi

Gula yang dianggap sebagai pemicu Diabetes, ternyata juga berperan dalam pengaruh penyakit Hipertensi.

Dalam sebuah penelitian seperti yang dikutip dari lama halosehat, menyatakan jika penambahan asupan gula menjadi salah satu faktor yang mengembangkan resiko Hipertensi dibandingkan dengan garam. Dalam penelitian tersebut dibuktikan jika fruktosa berperan penting dalam peningkatan resiko tersebut.

Dalam penelitiannya, gula disebut mempengaruhi tekanan darah dengan cara memicu disfungsi metabolik, serta meningkatkan variabilitas tekanan darah, kadar oksigen miokard, denyut jantung serta peradangan.

Pada makanan olahan / makanan kemasan, tidak hnaya garam (natrium) didalamnya, namun juga terdapat kandungan karbohidrat (gula). Dengan mengkonsumsi sekitar 700ml minuman ringan saja, terbukti mengalami peningkatan resiko terhadap Hipertensi sebesar 15/9 mmHg. Oleh karena itu ditarik kesimpulan jika gula lebih dapat memengaruhi tekanan darah dibandingkan garam.

Maka dari itu sebaiknya atur pola makan sendiri, seimbangkan antara gula dan garam dan pastikan untuk mengkonsumsinya tidak berlebihan serta tetap jalani gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !