Penelitian Ikan Gabus Sebagai Anti Hipertensi

Sebuah kabar pada 15 maret lalu seperti dikutip dari laman newsokezone, cukup membuat penasaran. Yaitu tentang penelitian ikan gabus yang dilakukan oleh dosen serta mahasiswa IPB. Dalam penelitian tersebut, dikatakan jika ikan gabus memiliki manfaat sebagai anti Hipertensi alami. Bagaimana selengkapnya tentang penelitian ini?

Penelitian Ikan Gabus Sebagai Anti Hipertensi

Penelitian ini melibatkan ikan gabus alam dan ikan gabus budidaya untuk membandingkan kandungan protein dan potensinya sebagai antioksidan serta antihipertensi. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui jika kandungan protein dan aktivitas antioksidan ikan gabus budidaya lebih tinggi dibanding ikan gabus alam. Ikan gabus budidaya memilik nilai penghambatan ACE (untuk uji antihipertensi) yang lebih tinggi dibandingkan ikan gabus alam. Berdasarkan hasil tersebut ditarik kesimpulan jika ikan gabus alam dan budidaya memiliki kemampuan sebagai antioksidan walaupun kandungannya masih rendah dan antihipertensi dengan kekuatan sebesar 1:10 dari kekuatan obat antihipertensi komersial kaptopril.

Ikan gabus dikatakan memiliki kandungan protein tinggi yang ternyata berpotensi sebagai antihipertensi dikarenakan kandungan protein yang dimilikinya, serta mendukung aktivitas antioksidan karena memiliki kandungan mineral seng, tembaga, dan besi di dalam tubuhnya. Ikan ini juga termasuk komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dan berpotensi sebagai biofarmaka karena komponen penyusun protein yang lengkap, mempercepat penyembuhan penyakit infeksi, dan peningkatan kadar albumin penderitahipoalbuminemia, serta anti inflamasi. Tidak hanya itu saja, Ikan gabus mengandung asam lemak seperti Eicosapentaenoic acid (EPA), Docosahexaenoid Acid (DHA) yang berperan dalam menjaga fungsi otak dan retina mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.