Pencegahan Hipertensi Primer, Sekunder, Dan Tersier

Obat Hipertensi,- Hipertensi adalah penyakit yang bisa datang akibat Anda tidak menjaga pola hidup sehat. Hipertensi di Indonesia dalam kasusnya sudah mulai dengan penanggulangan melalui pola meningkatkan kesadaran masyarakat, serta melakukan perubahan bersama atas kesadaran masing-masing demi menjalani pola hidup yang lebih sehat lagi.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar di tahun 2007 silam, sebagian besar Hipertensi pada kasusnya belum dapat terdiagnosis. Hal ini dikarenakan hasil pengukuran tekanan darah pada usia 18 tahun ke atas ditemukan prevalensi (jumlah keseluruhan kasus penyakit yang terjadi pada suatu waktu tertentu di suatu wilayah) Hipertensi di Indonesia sebesar 31,7%.

Pencegahan Hipertensi Primer, Sekunder, Dan Tersier

Kita sendiri mengetahui jika bahaya Hipertensi cukup membuat riskan, namun karena gejalanya yang sulit dideteksi sehingga berlama-lama menetap dan tidak mendapat penanganan bisa berdampak pada kerusakan arteri Jantung, dan kondisi ini adalah penyebab terbesar dari penyakit Stroke. Hipertensi juga berbahaya karena dapat menyebabkan kelelahan Jantung dan arteri, sehingga menimbulkan kerusakan jaringan halus.

Jika kondisi tersebut tetap dibiarkan, Hipertensi bukan tidak mungkin menimbulkan kerusakan pada mata, ginjal, juga komplikasi yang terjadi diantaranya serangan Jantung, penyakit arteri koroner, dan Stroke yang dapat memperpendek usia. Menurunkan tekanan darah walaupun hanya sedikit akan mengurangi risiko serangan jantung sebesar 20%.

Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, yang merupakan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI menuturkan jika beberapa upaya yang dilakukan pemerintah melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dasar Puskesmas melakukan kegiatan pencegahan, diantaranya :

  • Pencegahan Hipertensi Primer.

Pencegahan primer berupa kegiatan untuk menghentikan (mengurangi) faktor risiko Hipertensi sebelum penyakit Hipertensi terjadi. Pencegahan primer dilaksanakan melalui berbagai upaya, diantaranya promosi kesehatan mengenai peningkatan perilaku hidup sehat, yakni dengan diet yang sehat dengan cara makan cukup sayur dan buah, rendah garam dan lemak, rajin melakukan aktivitas serta tidak merokok.

  • Pencegahan Hipertensi Sekunder.

Pencegahan sekunder lebih ditujukan pada kegiatan deteksi dini untuk menemukan penyakit. Bila ditemukan kasus, maka dapat dilakukan pengobatan secara dini.

  • Pencegahan Hipertensi Tertier.

Pencegahan tertier dilaksanakan agar penderita Hipertensi terhindar dari komplikasi Hipertensi serta untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang lama ketahanan hidup. Dalam pencegahan tertier, kegiatan difokuskan kepada mempertahankan kualitas hidup penderita.

Pencegahan tertier dilaksanakan melalui tindak lanjut dini dan pengelolaan Hipertensi yang tepat, serta minum obat teratur agar tekanan darah dapat terkontrol dan tidak memberikan komplikasi seperti penyakit ginjal kronik, Stroke, hingga Jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *