Manfaatkan Yoga Untuk Membantu Mencegah Hipertensi

Salah satu dari sekian banyak maslaah kesehatan yang terjadi di masyarakat kira yaitu tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Faktor pemicu dari kondisi ini tidak lain adalah gaya hidup yang tidak sehat dan khususnya bagi mereka yang senang mengkonsumsi makanan-makanan berlemak berlebih, juga mereka yang rentan terkena stress akibat pekerjaan dll. Namun sayangnya, walaupun tidak sedikit dari mereka yang mengetahui resiko berbahaya dibalik Hipertensi yang mengancam kesehatan seperti serangan stroke dan jantung, tidak ada niat baik apapun untuk segera merubah pola hidup tidak sehat tersebut. Jika Anda memang merupakan tipe yang tidak senang berolahraga berat, cara menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah dari terjadinya Hipertensi yaitu dengan melakukan Yoga. Dimana Yoga adalah salah satu cara yang disarankan para ahli kesehatan dalam mencegah Hipertensi terjadi.

Manfaatkan Yoga Untuk Membantu Mencegah Hipertensi

Mengapa Yoga dipilih sebagai salah satu cara alternatif untuk mencegah Hipertensi? Hal ini dibuktikan dari penelitian yang hasilnya telah dipresentasikan dalam konferensi tahunan Cardiological Society di India yang menyebutkan bahwa andai seseorang mengalami masalah pra-hipertensi dan kemudian rutin melakukan yoga 1 jam dalam sehari selama 3 bulan lamanya, maka Ia akan menurunkan rata-rata tekanan arteri dan diastolik di dalam tubuh.

Seorang pakar kesehatan jantung dari Sir Gangaram Hospital di Delhi, India, Ashutosh Angrish, MD, bahkan menyebut jika tidak hanya Hipertensi, pra-hipertensi juga bisa meningkatkan resiko serangan jantung, gagal jantung, dan juga stroke. Sebagai informasi, pra-hipertensi merupakan angka pertama dalam bacaan tekanan darah (angka sistolik) 120-139 mmHg, atau angka kedua (angka diastolik) yang berasal dari 80-89 mmHg. Andai angka sistolik seseorang melebihi 140 mmHg atau angka diastoliknya melebihi 90mmHg, maka Ia sedang mengalami pra-hipertensi dan cenderung lebih mudah terkena masalah Hipertensi.

Dengan terbuktinya penurunan angka-angka tinggi Hipertensi dengan pelatihan yoga secara rutin diyakini mampu menurunkan resiko terkena stroke hingga 15% dan terkena penyakit jantung hingga 6%. Jadi, untuk Anda yang tidak ingin terkena penyakit-penyakit berbahaya tersebut, mulailah rutin melakukan yoga dari sekarang.

Baca juga : Hal Yang Disepelekan Terkait Penyakit Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *