Manfaat Susu Kedelai Bagi Penderita Hipertensi

Susu kedelai, salah satu alternatif minuman sehat lainnya yang berasal dari kacang kedelai. Susu kedelai juga bermanfaat banyak untuk kesehatan termasuk Hipertensi.

Penderita Hipertensi juga diharuskan menjalani diet, pemilihan makanan yang tepat harus dilakukan untuk mencegah terjadinya Hipertensi kambuh atau malah memperparah kondisi Hipertensi. Namun tidak semua orang bisa dan suka melakukan diet sehat meskipun hal ini untuk menjaga kesehatannya sendiri. Salah satu yang bisa dilakukan oleh Anda atau siapapun yang menderita Hipertensi, alternatif yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai sebagai minuman secara rutin.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Penderita Hipertensi

Bahkan hal ini diperjelas oleh Miguel Rivas dkk (2002) dalam journal of nutrition yang mengemukakan jika susu kedelai memiliki efek alami sebagai antihipertensi yang dapat membantu para penderita Hipertensi. Dalam penelitiannya disebutkan jika dengan mengkonsumsi susu kedelai sebanyak 500ml perhari, akan membantu menurunkan tekanan darah sistolik sampai 18.4 mmHg dan diastolik sampai 15.9 mmHg, tekanan darah rata-rata (MAP) juga ikut menurun sampai 16.7 mmHg.

Penurunan yang telah terbukti terjadi setelah mengkonsumsi susu kedelai selama 3 bulan secara rutin. Akan tetapi, penelitian ini hanya efektif pada penderita Hipertensi Esensial, yaitu kondisi tekanan darah tinggi yang penyebabnya tidak diketahui (bukan berasal dari obat-obatan, sakit ginjal dan sakit jantung. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba merasakan khasiat dan manfaat susu kedelai untuk menurunkan Hipertensi Anda.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Hipertensi

Manfaat Susu Kedelai Bagi Penderita Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !