Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Hipertensi

Penderita Hipertensi sama seperti penderita penyakit lainnya yang harus mengetahui tentang apa saja makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan / dikonsumsi, juga makanan apa saja yang diperbolehkan bahkan diharuskan untuk mereka mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu.

Untuk penderita Hipertensi, tidak cukup hanya dengan obat dalam mengatasi penyakit tersebut. Jika tidak dijaga dalam asupan makanan, maka sama saja penyembuhan yang dilakukan jenis apapun tidak dapat berpengaruh banyak, malah terkadang bertambah semakin parah. Maka dari itu, pentingnya untuk patuh dengan anjuran dokter, untuk tidak mengkonsumsi makanan/minuman tertentu sangat baik untuk penyembuhan Anda lebih cepat.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Hipertensi
Dan jika Anda penderita Hipertensi, sebaiknya Anda mengetahui juga beberapa macam makanan yang dapat membantu mengatasi dan memulihkan kondisi lebih cepat membaik, dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini.

  • Mengkonsumsi makanan bersodium rendah.

Berdasarkan data yang telah ada, makanan yang bersodium tinggi bisa membuat ketagihan, namun dapat menyebabkan dehidrasi. Hal tersebut juga disetujui oleh ahli diet bersertifikasi, adalah Tammy Lakatos Shames yang mengatakan bahwa garam membuat diri menjadi lebih lapar dan semakin merasa haus. Hal tersebut dikarenakan makanan asin menggugah selera penikmatnya dengan menguras cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Serat alami termasuk salah satu alternatif dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang paling baik. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

  • Kacang almond.

Almond termasuk salah satu jenis kacang yang banyak direkomendasikan untuk diet dan pemenuhan gizi serta nutrisi yang baik. Dengan mengkonsumsi Almond secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol, karena membantu meningkatkan protein high density lipoproteins (HDL) atau kolesterol baik dan menurunkan jumlah protein low density lipoproteins (LDL) atau kolesterol jahat. Almond sendiri dapat membantu mengendalikan kenaikan gula darah dan tingkat insulin yang tidak diinginkan setelah setiap makan, sehingga dapat menjadi dinding pelindung terhadap diabetes. Kandungan asam folat yang dimiliki Almond memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sehat dari sel dan jaringan.

Baca juga : Mencegah Penyakit Hipertensi Pada Lansia

  • Daging beku segar.

Mengkonsumsi daging yang masih segar dan dibekukan adalah salah satu cara yangdapat membantu membuat kondisi penderita tekanan darah tinggi atau Hipertensi membaik, tapi tetap pengolahannya tidak sembarangan. Kurangilah mengkonsumsi daging kalengan atau daging asap karena beberapa kandungan yang baik didalamnya berkurang. Rekomendasi daging yang tepat adalah daging ikan segar.

  • Rempah-rempah dan bumbu alami.

Fungsi utama dari bumbu dan rempah ini adalah untuk membumbui makanan Anda agar lidah terbebas dari ketagihan garam yang kaya akan Sodium. Orang Indonesia pasti tahu apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam masakan untuk membuatnya lebih lezat, seperti jahe, kunyit, lada, ketumbar, bawang merah dan bawang putih, dan lain-lain.

  • Yogurt murni yang rendah lemak.

Yoghurt tidak hanya dapat melancarkan metabolisme tubuh, tapi juga sumber kalsium yang tinggi. 8 ons yoghurt mengandung 415 mg kalsium, lebih tinggi dari yang terkandung dalam susu. Kalsium di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah hingga 1.9 point pada angka sistolik dan 1.0 poin pada angka diastolik jika Anda mengonsumsinya sebanyak 1.200 mg per hari.

  • Kentang kulit yang dioven.

Hasil studi Institut Linus Pauling menyatakan bahwa dalam satu buah kentang mengandung 986 mg potasium. Kandungan potasium bisa menurunkan tekanan darah dan juga menjadi makanan diet rendah karbohidrat. Namun, jangan terlalu berlebihan juga mengonsumsi kentang, karena kadar potasium yang tinggi memicu penyakit ginjal.

  • Air putih.

Cara yang paling mudah dan bisa dilakukan semua orang adalah dengan mengkonsumsi air putih. Dehidrasi kronis menyebabkan pembuluh darah mengkerut, sehingga jantung bekerja lebih keras, dan pada akhirnya mengakibatkan lonjakan tekanan darah.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !