Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi

Setiap orang tentu memiliki kesempatan untuk hidup dengan sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Apalagi jika di jaman sekarang ini, sepertinya dengan mulai menurunnya kesadaran seseorang akan pentingnya kesehatan, dan mulai membiasakan pola hidup buruk menjadikan mereka rentan terkena suatu penyakit bahkan tanpa disadarinya sekalipun.

Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi

Termasuk penyakit Hipertensi. Ada kalanya dari penderita Hipertensi tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut, dan sayangnya ini baru diketahui ketika mereka sudah dalam keadaan kritis hingga meninggal dunia. Sebenarnya, ada cukup banyak gejala yang dikenali jika seseorang menderita Hipertensi, contoh paling mudah dari gejalanya adalah pusing atau sakit kepala, sering gelisah, wajah merah, tengkuk terasa pegal, mudah marah, telinga berdenggung, susah tidur, sesak napas, mudah lelah, mata berkunang-kunang, dan mimisan.

Terkadang mereka terlalu menganggap biasa gejala yang terjadi dan seringkali beranggapan ini hanya kelelahan saja. Namun, sebaiknya Anda mulai kenali gejala yang ganjal pada tubuh Anda meskipun itu hanya hal kecil, karena bisa saja itu termasuk pertanda atau sinyal bahwa Anda terdeteksi suatu penyakit.

Sebelum semuanya terjadi, ada baiknya memang melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan dimaksudkan untuk mencegah terjadinya suatu penyakit agar tidak sampai terjadi, dan kemudian tidak memperparah kondisi. Langkah sederhana yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan dari penyakit Hipertensi ini sangat mudah, diantaranya :

Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi - olahraga

  1. Olahraga.

    Olahraga secara teratur adalah salah satu cara menurunkan darah tinggi. Jika Anda mengalami masalah darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai atau berenang. Lakukan selama 30-45 menit sehari sebanyak 3 kali dalam seminggu.

    Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi - Kurangi garam atau sodium

  2. Kurangi garam atau sodium.

    Pengurangan kecil pada sodium dalam diet juga ampuh menurunkan tekanan darah hingga 2-8 mmHg. Anda tidak perlu mengurangi kadar garam dalam diet Anda secara drastis. Cobalah lakukan pengurangan ini secara bertahap, sehingga tubuh Anda dapat menyesuaikannya dengan baik.

    Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi - Berhenti merokok

  3. Berhenti merokok!

    Merokok dapat melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Dengan berhenti merokok, maka Anda telah berupaya untuk mencegah risiko hipertensi terjadi pada Anda.

    Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi - Mengontrol berat badan

  4. Mengontrol berat badan.

    Memiliki berat badan berlebih, semakin memperbesar kemungkinan Anda untuk memiliki kolestrol dan juga gula darah berlebih dalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya hipertensi, Anda harus mulai mengendalikan kadar kolestrol dan diabetes dalam tubuh. Hibdari juga obat yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Dengan melakukan tindakan pencegahan maka penyakit juga tidak akan datang. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita memulai melakukan tindakan pencegahan tersebut, agar tetap hidup sehat dan terhindar dari ancaman penyakit.

Semoga bermanfaat, dan salam sehat!

Baca juga : Penyebab Sering Pingsan Dan Badan Lemah

Langkah Sederhana Untuk Mencegah Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *