Kurang Minum Dapat Menyebabkan Hipertensi

Sebagian orang akan mengira jika mengkonsumsi minuman seperti teh, soda, jus, sama pentingnya mengisi cairan tubuh seperti halnya ketika mengkonsumsi air putih, namun anggapan tersebut sepenuhnya salah. Faktaranya, minuman-minuman lain, selain air putih meskipun kita tidak merasa sering kehausan atau kekurangan minum, minuman tersebut tidak akan berefek seperti air putih. Bahkan, minuman-minuman lainnya yang mengandung gula dan garam dalam jumlah berlebih kemudian akan diserap lalu dikelaurkan oleh tubuh dengan bantuan air.

Kurang Minum Dapat Menyebabkan Hipertensi

Anjuran minum air puih sebanyak 8 gelas perhari tidak hanya untuk membantu mencegah mulut dan tenggorokan kering, tapi juga mencegah timbulnya penyakit tertentu. Walaupun kita bisa bertahan sekitar 1 bulan penuh tanpa makan, tetapi tubuh hanya bisa bertahan sekitar 1 minggu jika tanpa minum. Karena sekitar 75% dari tubuh kita terdiri dari air.

Ket : Darah 92% terdiri dari air.
Tulang 22% terdiri dari air. Lalu,
Otot 75% terdiri dari air.

Dengan rincian diatas, tidak mengherankan jika tubuh kita memang bergantung kepada asupan air.

Proses dehidrasi pada tubuh juga dimulai ketika kita merasa haus. Dengan membiasakan meminum segelas air segera setelah bangun tidur, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal, serta mempersiapkan pencernaan untuk mengolah makanan. Dehidrasi pada tubuh akibat kekurangan cairan juga berdampak pada kesehatan jantung. Saat tubuh dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental yang akan berakibat pada peningkatan tekanan darah. Dehidrasi juga menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Karena hal tersebut, maka akan berdampak pada respon tubuh untuk mencegah kehilangan air dari sel-selnya. Kolesterol tinggi, juga tekanan darah tinggi pada akhirnya akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Baca juga : Pengobatan Hipertensi Selain Obat Kimia

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga dapat bermanfaat dalam membantu menjaga berat badan ideal. Pasalnya, minum air putih secara teratur dapat mempercepat metabolisme termasuk menjaga kesehatan baik fisik, mental, dan kesehatan emosional.

Kurang Minum Dapat Menyebabkan Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !