Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Hipertensi

Sekitar 90% dari keseluruhan penduduk suatu negara berkembang, ternyata berpotensi untuk mengidap Hipertensi, kondisi tersebut bisa terus meningkat dengan tambahan faktor lainnya seperti obesitas, penyakit diabets dan hiperlipidemia.

Untuk mengatasi dan mengurangi dampak buruk dari Hipertensi, selain dianjurkan untuk mengkonsumsi Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Hipertensi, juga menghindari Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Hipertensi lakukan juga kegiatan olahraga.

Seperti halnya penyakit lainnya, dalam Hipertensi ada beberapa jenis olahraga yang sangat cocok dan tepat dilakukan oleh penderitanya. Bagaimanapun olahraga dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan tekanan sistolik maupun diastolik pada penderita di usia tengah baya dan juga mereka yang mempunyai Hipertensi ringan.

Berikut adalah jenis olahraga yang tepat untuk penderita Hipertensi,

Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Hipertensi

  • Aerobik. Jenis olahraga yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi adalah olahraga Aerobik dengan intensitas sedang (sekitar 70-100 denyut jantung per menit). Latihan dilakukan 3-5 kali dalam seminggu, waktu untuk latihan sekitar 20-60 menit.
  • Jalan kaki. Olahraga dengan jalan kaki atau berlari, yang dilakukan selama 16 minggu akan mengurangi kadar hormon norepinefrin (noradrenalin) dalam tubuh, yakni zat yang dikeluarkan sistem saraf yang dapat menaikkan tekanan darah.

Untuk penderita hipertensi, faktor tekanan darah memegang peranan penting dalam menentukan boleh tidaknya berolahraga, takaran serta bagaimana jenis olahraga yang dilakukan. Dan berikut adalah hal-hal  yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk berolahraga:

  • Penderita hipertensi dikontrol tanpa atau dengan obat terlebih dahulu, sehingga tekanan darah sistolik tidak melebihi 160 mmHg dan tekanan diastolik tidak melebihi 100 mmHg.
  • Sebelum berolahraga, Anda perlu mengetahui tentang informasi mengenai penyebab dari penyakit Hipertensi yang Anda derita.
  • Sebelum latihan, penderita Hipertensi sebaiknya melakukan Uji Latih Jantung terlebih dahulu agar dapat dinilai reaksi tekanan darah dan perubahan aktivitas listrik jantung (EKG), juga menilai tingkat kapasitas fisik.
  • Saat Uji Latih Jantung sebaiknya obat yang sedang diminum tetap diteruskan, sehingga dapat diketahui efektivitas obat terhadap kenaikan beban.
  • Latihan yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan (endurance) dan tidak boleh menambah peningkatan tekanan (pressure). Olahraga yang tepat adalah jalan kaki, senam, bersepeda, berenang atau olahraga aerobik.
  • Tidak diperbolehkan untuk menjalani olahraga yang bersifat kompetisi karena akan memacu emosi sehingga mempercepat peningkatan tekanan darah. Begitu juga dengan olahraga peningkatan kekuatan seperti angkat berat.
  • Tekanan darah secara teratur diperiksa sebelum dan sesudah latihan. Olahraga pada penderita Hipertensi tidak hanya ditentukan oleh denyut jantung, tetapi juga berdasarkan reaksi tekanan darahnya.
  • Jika dalam hasil latihan menunjukkan penurunan tekanan darah, maka dosis obat yang diberikan sebaiknya dikurangi (penyesuaian).

Baca juga : Penyakit Hipertensi Yang Sering Terjadi Pada Kaum Wanita

Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !