Jenis Buah Penurun Alami Tekanan Darah Tinggi

Banyak yang mempertanyakan tentang bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi) selain dengan obat? Jawabannya, ada beragam cara tentunya. Dan salah satu yang paling mudah dan nikmat adalah dengan konsumsi jenis buah-buahan tertentu yang ternyata memiliki manfaat dalam menurunkan Hipertensi.

Faktanya, tekanan darah tinggi harus diatasi dengan penerapan pola hidup sehat. Salah satunya tentang cara mengkonsumsi makanan sehat, dan diharuskan penderita Hipertensi untuk mengurangi asupan garam natrium (sodium) yang kerapkali kita jumpai dalam jenis makanan asin dan makanan olahan. Nah, dengan mengkonsumsi buah, ada baiknya konsumsi buah-buahan yang memiliki sifat alami dalam menurunkan kadar natrium, namun tetap kaya kandungan baik lainnya seperti Mineral yang baik untuk Jantung dan pembuluh darah seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Jenis Buah Penurun Alami Tekanan Darah Tinggi

Dan berikut ini adalah rekomendasi dari jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi dan bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah tinggi ke angka normal. Ini dia selengkapnya :

1. Melon.

Melon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon 173 g mengandung 484 mg kalium. Ini setara dengan 14% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat dan vitamin B6.

2. Semangka.

Semangka adalah jenis buah yang mudah sekali didapat karena memang banyak di Indonesia, banyak yang sangat menyukainya. Tahukah Anda jika buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena terdapat kandungan L-citrulline. Zat ini akan membantu memebuat rileks pembuluh darah, sehingga buah semangka bisa menjadi penurun darah tinggi.

3. Alpukat.

Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain mengandung mineral yang dapat menurunkan darah tinggi, buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

4. Buah kiwi.

Satu buah kiwi berukuran sedang menyediakan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Memang buah ini jarang tersedia di pasar tradisional, namun masih bisa didapat dengan mudah kita temui di supermarket. Selain itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan dengan ukuran yang sama lebih banyak kandungan vitamin C nya daripada jeruk.

5. Pisang.

Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Kadar kalium yang tinggi inilah yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Makanlah 2 buah pisang setiap hari untuk hasil terbaik. Tambahkan satu pisang (ketiga) untuk mencegah penyakit stroke, dan membantu bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga stroke.

6. Jeruk.

Aneka macam jeruk merupakan buah-buahan yang terkenal karena kandungan vitamin C. Dengan demikian merupakan makanan tinggi nutrisi dan rendah kalori. Dengan kandungan kalium sebanyak 326 mg dan tidak mengandung natrium, maka ini merupakan salah satu buah penurun darah tinggi terbaik. Lemon juga merupakan sumber potasium yang baik, kalsium, fosfor, vitamin A dan folat.

7. Buah Anggur.

Pilihlah buah anggur yang matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Kandungan Bioflavonoid yang terdapatpada anggur tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anggur sebanyak 123 g mengandung 166 mg kalium dan ini memenuhi 5 persen dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.

8. Aprikot.

Aprikot merupakan sumber kalium dan vitamin A yang sangat baik. Dalam satu cangkir aprikot kering 119 g terkandung 2.202 mg kalium. Mungkin ini merupakan salah satu jenis makanan terbaik yang kaya akan kalium. Buah ini hanya sedikit megandung natrium, lemak jenuh dan kolesterol.

9. Jambu Biji.

Jika Anda ingin meniru hasil studi klinis yang dilakukan di India, maka Anda harus makan jambu sebelum makan siang atau makan malam. Buah jambu ini memiliki kadar kalium yang tinggi, kaya serat alami. Dengan demikian, buah jambu bisa menurunkan darah tinggi dan membantu melancarkan pencernaan sehingga membatu juga dalam upaya meurunkan berat badan.

10. Tomat.

Menurunkan tekanan darah adalah salah satu dari sekian banyak manfaat mengonsumsi buah tomat. Tomat yang kaya dengan kandungan lycopene. Kandungan tersebut diketahui membantui dapat membantu dalam membantu mencegah diabetes, penuaan dini, dan termasuk menurunkan Hipertensi. Dalam penyajiannya, akan lebih baik dimakan tanpa banyak pemrosesan, dan tidak dengan bahan-bahan lain seperti keju dan daging berlemak seperti pada pizza.

11. Blueberry.

Blueberry mengandung banyak antioksidan di dalamnya, seperti halnya raspberry, dan ini memiliki dampak langsung pada tekanan darah, dengan cara mengalahkan radikal bebas dalam tubuh. Pertibangkan untuk makan semangkuk blueberry segar dicampur dengan buah-buahan lainnya sebagai sarapan yang menyegarkan. Hanya lakukan yang terbaik dalam mengonsumsinya, yaitu tanpa menambahkan gula, atau dengan pencampuran bahan-bahan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Posted by Obat Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *