Ini Dia Faktor Pemicu Dari Penyakit Hipertensi

Masyarakan Indonesia pasti sudah tidak asing dengan nama penyakit ini. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang umum terjadi di masyarakat. Penyebab dari terjadinya Hipertensi ini beragam, mulai dari makanan yang dikonsumsi, kebiasaan tidak sehat, dan jarang melakukan aktifitas menyehatkan seperti berolahraga.

Ini Dia Faktor Pemicu Dari Penyakit Hipertensi

Kemudian jika masalah kesehatan seperti ini dibiarkan saja tanpa adanya penanganan atau pengobatan, berhati-hatilah karena Hipertensi termasuk penyakit yang akan menyebabkan komplikasi terhadap penyakit berat seperti gagal ginjal, stroke dan penyakit jantung.

Beberapa faktor pemicu seseorang dapat terkena penyakit Hipertensi diantaranya :

1. Faktor Usia

Resiko penyakit tekanan darah tinggi bisa meningkat ketika usia terus bertambah. Pada umumnya menyerang orang-orang pada usia 45 tahun. Sementara pada perempuan menjadi lebih parah setelah usia 65 tahun.

2. Ras

Pada orang dewasa di Afrika dan Amerika biasanya akan mudah terkena penyakit Hipertensi. Hipertensi biasanya lebih umum dialami oleh masyarakat di negara berkembang dan negara-negara industri.

Bahkan berdasarkan The American Heart Association terdapat 1 dari 3 orang Amerika berusia sekitar 20 tahun akan mengalami hipertensi. Hal ini menunjukan lebih dari 76 juta orang Amerika mempunyai tekanan darah tinggi.

3. Riwayat dari keluarga

Memiliki keluarga yang punya riwayat hipertensi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini juga.

4. Kelebihan berat badan

Faktor kelebihan berat badan juga mempengaruhi seseorang untuk mengidap Hipertensi. Semakin berat badan Anda, lebih banyak darah yang Anda butuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. Tekanan darah yang beredar melalui pembuluh darah menjadi meningkat, sehingga menyebabkan tekanan pada dinding arteri.

5. Gaya hidup

Kurang aktif bergerak sering dikait-kaitkan dengan faktor yang dapat meningkatkan denyut jantung, kemudian menyebabkan Obesitas dan Diabetes tipe II. Semakin tinggi detak jantung, memicu hati bekerja lebih keras pula.

6. Merokok

Saat Anda merokok dan mengunyah tembakau, maka tekanan darah akan naik untuk sementara waktu. Bahan kimia di dalamnya memang dapat merusak dinding arteri, yang dapat mempersempit dan meningkatkan tekanan darah. Selain merokok, hanya dengan terpapar asap rokok dapat menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi naik.

7. Banyak mengonsumsi garam

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam atau sodium dapat menyebabkan tubuh mempertahankan cairan yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa faktor pemicu yang terbukti dapat mempengaruhi seseorang terkena penyakit Hipertensi. Semoga dengan terbitnya artikel seperti ini dapat membantu Anda dan Anda bisa memulai hidup lebih baik lagi.

Baca juga : Cara Tepat Menurunkan Hipertensi Selain Obat

Ini Dia Faktor Pemicu Dari Penyakit Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !