Hipertensi Renal, Tekanan Darah Tinggi Akibat Gagal Ginjal

Penyakit Hipertensi Dan Penyakit Ginjal sebelumnya telah dijelaskan kalau keduanya bisa berkaitan. Kondisi Hipertensi yang berkaitan dengan penyakit ginjal disebut Hipertensi Renal. Berikut adalah ulasan singkat Hipertensi Renal.

Hipertensi Renal, Tekanan Darah Tinggi Akibat Gagal Ginjal

Tentang Hipertensi Renal.

Hipertensi Renal, atau disebut juga sebagai Hipertensi Renovaskular, adalah kondisi yang menggambarkan terjadinya kenaikan tekanan darah yang disebabkan oleh penyakit ginjal. Hipertensi ini biasanya dapat dikendalikan dengan hanya mengkonsumsi obat tekanan darah. Namun pada beberapa orang, jenis Hipertensi yang satu ini membutuhkan penanganan dengan angioplasty, stenting, atau operasi pada pembuluh darah ginjal.

Penyebab Hipertensi Renal.

Penyebab dari Hipertensi Renal adalah penyempitan yang terjadi pada arteri yang mengantar darah ke ginjal. Satu atau bahkan kedua arteri ginjal mungkin menyempit, kondisi ini disebut dengan renal artery stenosis. Saat ginjal menerima alirah darah yang rendah, ginjal kemudian akan bertindak seolah-olah aluran darah yang rendah terjadi akibat dehidrasi. Lalu kemudian ginjal merespon dengan melepaskan hormon  yang menstimulasi tubuh untuk mempertahankan natrium dan air. Kemudian pembuluh darah terisi cairan tambahan, dan tekanan darah meningkat. Terjadinya penyempitan pada satu atau kedua arteri ginjal paling sering disebabkan oleh aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Prosesnya ternyata sama dengan proses yang menyebabkan banyak serangan jantung dan stroke.

Ketahui gejalanya.

Hipertensi Renal memiliki beberapa gejala, seperti :

  • Sakit kepala.
  • Kebingungan.
  • Pandangan kabur atau ganda.
  • Urin berdarah (berwarna merah muda / pink).
  • Mimisan.

Sayangnya tidak semua penderita Hipertensi Renal mengalami gejala-gejala diatas. Sebagian alasan mengapa Hipertensi berbahaya adalah karena tidak ada gejalanya yang terlihat, sehingga kerusakan organ dapat terjadi perlahan-lahan tanpa kita ketahui.

Bahaya dari Hipertensi Renal adalah Hipertensi ini dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis yaitu menyebabkan penurunan pada fungsi ginjal secara perlahan. Penyakit ginjal kronis juga tidak menimbulkan gejala, kecuali jika kondisi ginjal sudah parah.

Baca juga : Manfaatkan Yoga Untuk Membantu Mencegah Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *