Hipertensi Pemicu Serangan Jantung

Hipertensi Pemicu Serangan Jantung,- Selamat datang kembali pada situs obathipertensi.net, pembahasan yang kali ini masih seputar hipertensi dan fakta lain yang terungkap dari penyakit ini adalah kenyataannya hipertensi menjadi salah satu sebab pemicu serangan jantung. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Hipertensi Pemicu Serangan JantungPenyakit jantung koroner biasanya muncul setelah seseorang menderita hipertensi. Hipertensi sendiri adalah penyakit dimana sipenderita mengalami tekanna darah tinggi / diatas normal yang lebih tinggi dari 140 mmHg dan diastoliknya diatas 90 mmHg. Gejalanya berupa pusing, sakit kepala, detak jantung berpacu dengan cepat, pegal dan tidak nyaman pada tengkuk serta kondisi tubuh tidak fit. Hipertensi sendiri adalah penyakit yang sulit dideteksi karena itulah beberapa pasien tidak mendapat penanganan yang tepat hingga menyebabkan kematian secara tiba-tiba.

Penderita hipertensi yang memiliki faktor resiko lebih besar untuk mendapat serangan jantung adlaah penderita yang memiliki pola hidup yang tidak sehat, seperti perokok, obesitas dan memiliki kolesterol tinggi.

Hipertensi terjadi karena menyempitnya pembuluh darah yang diakibatkan oleh mengendapnya kalsium (darah dalam kondisi terlalu basa) dan kolesterol di dinding pembuluh darah, ditambah lagi dengan konsentrasi darah yang kental karena tingginya natrium mengakibatkan aliran darah kurang lancar sehingga menghambat suplai makanan dan oksigen kejaringan dan sel tubuh. Kondisi tersebutlah yang memacu jantung untuk bekerja lebih keras dan akibatnya tekanan darah menjadi tinggi dan dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan serangan jantung. Beda halnya jika penyempitan pembuluh darah terjadi pada otak maka akan mengakibatkan terjadinya stroke.

Untuk menghindari masalah hipertensi dan jantung, beberapa tips berikut dapat menjadi solusi untuk menanggulangi hal tersebut, diantaranya:

  • Terapkan pola makan sehat yaitu diet rendah lemak dan rendah garam.
  • Hindari pengkonsumsian makanan yang diawetkan/ makanan kaleng.
  • Hindari pengkonsumsian makanan yang memicu meningkatnya tekanan darah. tinggi seperti durian, daging kambing dan jeroan.
  • Konsumsi buah dan sayuran segar yang banyak mengandung kalium.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Olahraga secara teratur minimal seminggu 3 kali.

Semoga artikel diatas mengenai Hipertensi Pemicu Serangan Jantung dapat bermanfaat untuk Anda. Kelebihan dan kekurangannya mohon maaf karena pengetahuan saya yang terbatas. Terima kasih dan salam sehat selalu untuk Anda. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *