Fakta-fakta Seputar Penyakit Hipertensi

Sebelumnya, Anda mungkin mengetahui apa sebenernya Hipertensi atau tekanan darah tinggi tersebut beserta penyebab dan kemungkinan gejala yang bisa ditimbulkan dari penyakit satu ini. Namun, apakah Anda mengetahui ada fakta-fakta yang harusnya Anda ketahui dari Hipertensi. Apa saja memang faktanya? Apakah fakta itu sangat penting untuk kita ketahui? Tentu saja, karena jika kita ingin mengetahui bagaimana cara pengobatan dari suatu penyakit kita harus mengetahui setidaknya secara detail mengenai penyakit tersebut dalam hal ini adalah hipertensi.

Maka dari itu, simak berikut ini Fakta-fakat Seputar Penyakit Hipertensi.

  1. Seseorang dikatakan menderita hipertensi bila tekanan darahnya (tensinya) di atas 140/90 mmHg pada dua kali pengukuran di waktu yang berbeda. Ingat, pengukuran tekanan darah satu kali saja belum cukup untuk menegakkan diagnosis hipertensi. Itulah sebabnya, biasanya dokter belum memberikan obat-obatan ketika tensi Anda tinggi untuk pertama kali.
  2. Banyak yang mengatakan bahwa penyebab hipertensi adalah adanya keturunan dari orang tua. Namun, penyebab tersering hipertensi sebenarnya adalah gaya hidup sedentari dan kurangnya aktivitas fisik.
  3. Menurut Profile Kesehatan Indonesia, hipertensi adalah penyebab kematian terbanyak ketiga di Indonesia. Jumlah kasus hipertensi terbanyak di Indonesia ditemukan di Kalimantan Selatan.
    Satu dari tiga orang dewasa di Indonesia memiliki tekanan darah di atas normal.
  4. Gejala sakit kepala hanya dialami sekitar setengah dari penderita hipertensi. Sisanya, penderita tidak mengalami gejala apapun! Sehingga jika Anda penderita hipertensi dan Anda tidak sedang sakit kepala dan merasa sehat-sehat saja, bukan berarti tekanan darah Anda juga normal. Kontrol tekanan darah teratur meski tidak ada gejala adalah kunci sukses menjaga kestabilan tekanan darah.
  5. Dari sekian banyak penderita hipertensi, kurang dari setengah yang mengonsumsi obat darah tinggi. Sisanya? tidak pernah mengonsumsi obat darah tinggi atau bahkan belum mengetahui bahwa dirinya hipertensi.
  6. Kurang dari setengah penderita yang mengonsumsi obat darah tinggi tersebut yang tekanan darahnya sudah terkontrol baik.
    Hanya satu dari empat penderita hipertensi yang benar-benar mengetahui cara minum obat yang tepat.
  7. Target tekanan darah yang harus dicapai oleh penderita hipertensi adalah tekanan dibawah 140/90 mmHg. Jika penderita juga memiliki sakit gula atau gagal ginjal, maka targetnya lebih rendah lagi, yakni 130/80 mmHg.
  8. Menurunkan tekanan darah tanpa obat-obatan? tentu bisa. Penelitian telah membuktikan bahwa:
  • Membatasi konsumsi garam bisa menurunkan tekanan darah sebesar 2,5-4,8 poin mmHg.
  • Rajin makan buah dan sayuran segar, serta menurunkan konsumsi makanan berlemak selama sedikitnya 8 minggu dapat menurunkan tekanan darah sebesar 5,5-11,4 poin
  • Melakukan olah raga dengan waktu 30-45 menit setiap hari mampu menurunkan tekanan darah sebanyak 8-13 poin.

Demikianlah sedikit ulasan fakta dari penyakit Hipertensi yang telah dirangkum seperlunya dari situs kesehatan terpercaya, semoga dengan terbitnya artikel seperti ini pada situs Obat Hipertensi dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah pengetahuan lebih banyak dari Hipertensi tersebut. Nah sampai jumpa lagi pada artikel selanjutanya! Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *