Diet Khusus Bagi Penderita Hipertensi

Obat Hipertensi,- Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk salah satu faktor risiko yang paling besar menuntun seseorang untuk menderita komplikasi dari penyakit berbahaya, seperti gangguan ginjal, gagal jantung, penyakit jantung dan stroke.

Diet Khusus Bagi Penderita Hipertensi
Berdasarkan data yang dimiliki Centers for Disease Control and Prevention, ukuran untuk tekanan darah normal adalah 120mmHg (sistolik) dan 80mmHg (diastolik). Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dengan angka 120-130 sistolik dan 80-89 diastolik disebut dengan prehipertensi. Untuk mereka yang bisa dinyatakan menderita Hipertensi, tekanan darah yang bisa dikategorikan tersebut harus berada diatas angka 90mmHg / lebih, dan 140 mmHg/lebih.

Orang-orang yang telah dinyatakan menderita Hipertensi seharusnya sudah mulai menerapkan pola makan yang khusus. Sangat dianjurkan bahkan untuk dilakukan agar Hipertensi tidak semakin parah. Nah, berikut ini adalah diet khusus untuk penderita Hipertensi yang dirilis oleh DASH, atau Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Pola makan DASH berdasarkan pada total asupan kalori sebanyak 1.600 hingga 2.600 kalori perhari, disesuaikan dengan aktivitas harian Anda. Berikut adalah rinciannya:

  • 7-12 porsi buah dan sayuran
  • 6-11 porsi biji-bijian seperti gandum, barley, beras merah.
  • 2-3 porsi produk susu rendah lemak.
  • 3-5 porsi kacang-kacangan perminggu.
  • Maksimal 6 porsi ikan atau daging rendah lemak.
  • 2-3 porsi lemak baik, hindari lemak jenuh dan lemak trans
  • Maksimal 5 camilan rendah gula dan rendah lemak per minggu.

Asupan sodium harus dibatasi maksimal 2.300 mg per hari untuk usia 14 tahun ke atas. Secara bertahap, kurangi lagi sampai hanya 1.500 mg per hari.
 
Penelitian juga telah dibuktikan oleh Dietary Guidelines, mengenai keterkaitan langsung dari antara tingginya asupan sodium serta naiknya tekanan darah. Karena itu, setiap upaya untuk mengurangi sodium dalam konsumsi makanan sehari-hari sangat dianjurkan untuk penderita Hipertensi.

Dianjurkannya untuk memakan makanan yang sehat, terdiri dari makanan kaya protein dengan kadar lemak rendah seperti ikan, alpukat serta kacang-kacangan. Tidak lupa dengan sumber zat besi, vitamin D dan seng.

Aturan yang mendasar dalam menjaga tekanan darah tinggi tidak sering kambuh adalah dengan mengatur pola makan sehat yang seimbang gizi dan nutrisinya.

Semoga BERMANFAAT, salam! 🙂

Diet Khusus Bagi Penderita Hipertensi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *