Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Ada begitu banyak cara mengobati penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dimulai dari mulai cara mengobati dengan obat-obatan hingga ramuan tradisional. Tidak masalah jika Anda memilih pengobatan diantara keduanya. Hanya saja, Anda tetap perlu memperhatikan apakah pengobatan yang Anda pilih baik atau tidak, memiliki efek samping berbahaya atau tidak.

Maka dari itu, sebaiknya Anda juga mengetahui pilihan lain dari pengobatan dengan obat untuk penyakit Hipertensi tersebut.

Dan berikut, adalah beberapa tips sebagai Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami:

 

  • Mengkonsumsi Pisang Setiap HariBagi penderita hipertensi mengkonsumsi pisang setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena pisang mengandung 422 miligram kalium. Dimana kebutuhkan harian orang dewasa terhadap kalium adalah 4.700 miligram per hari.
  • Mengelola StresSetiap orang pasti pernah mengalami stress, namun sebaiknya untuk mengurangi tekanan darah sebaiknya Anda mengelola stress anda dengan cara berlatih secara berkelanjutan. Dimana saat Anda merasa dalam tekanan yang berat, cobalah untuk rileks sejenak, jangan terlalu menuntut kesempurnaan dan cobalah untuk selalu berpikir positif dengan tidak terlalu memaksakan keinginan Anda.
  • Olahraga teraturMelakukan olahraga teratur walaupun hanya sekitar 30 menit setiap hari, hal ini lebih bermanfaat dibandingkan berolahraga lama namun tidak teratur.
  • Lakukan diet untuk menurunkan berat badan AndaHipertensi juga berkaitan dengan berat badan dan kolesterol berlebihan, karena itu sebaiknya bagi Anda yang obesitas sebaiknya segera melakukan diet, karena berat badan sangat berpengaruh dengan tekananan darah dan kinerja jantung.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkoholKandungan nikotin dalam rokok dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat secara drastis secara mendadak, sedangkan alkohol juga dapat memberikan tambahan tekanan darah. Karena itu sebaiknya kedua kebiasaan kurang sehat ini Anda hentikan.
  • Menghindari Kafein dan garamMeskipun kafein dan garam juga memiliki khasiat untuk kesehatan, namun untuk penderita darah tinggi  disarankan untuk lebih baik menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein dan garam karena dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.
  • Lakukan Yoga atau rileksasiYoga atau rileksasi sangat baik untuk menurunkan tekanan darah karena dapat membuat pikiran lebih tenang dan menghilangkan stress. Yoga juga dapat melatih pernafasan, mengatur denyut jantung, dan memperbaiki sistem syaraf dan pencernaan.

Sekali lagi, pengobatan yang Anda pilih adalah hak Anda, hanya jika ingin cepat sembuh perlu meninjau kembali pola hidup yang kita lakukan. Bisa saja, pengobatan tetap berjalan namun pola hidup dan mengkonsumsi makanan masih sembarangan. Tentu saja, akan sangat susah dalam sembuh lebih cepat. Semoga beberapa cara diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *