Benarkah Penyakit Hipertensi Berkaitan Dengan Penyakit Ginjal?

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa Ginjal dan Hipertensi memiliki keterkaitan yang saling berhubungan. Menurut sumbernya, ginjal memang pada dasarnya berfungsi sebagai penjaga dalam keseimbangan cairan tubuh, sebagai penghasil hormon untuk membantu pembuatan sel-sel darah merah, menyaring darah, mengaktifkan Vitamin D untuk kesehatan tulang serta penghasil hormon  dalam mengatur tekanan darah.

Benarkah Penyakit Hipertensi Berkaitan Dengan Penyakit Ginjal?
Maka dari itu, dikatakan bahwa tinggi rendahnya tekanan darah pada seseorang dipengaruhi juga oleh fungsi dan kinerja ginjal. Sedangkan ginjal sendiri, untuk menjalankan fungsinya memerlukan bantuan dari pasokan oksigen dan nutrisi yang dikirim dalam darah, melalui pembuluh-pembuluh (arteri). Jika aliran darah ke ginjal terganggu (misalnya karena penyempitan, atau penyumbatan pembuluh darah), maka akan terjadi kerusakan pada ginjal, sehingga fungsi ginjal pun terganggu.

Jika ginjal mengalami kerusakan tertentu, maka secara langsung dapat merangsang produksi hormon renin. Hormon tersebut secara alami dapat memicu terjadinya peningkatan dalam tekanan darah. Selain itu, jika ginjal rusak akan menyebabkan terganggunya pengeluaran air dan garam dari dalam tubuh. Akhirnya isi dari pembuluh darah meningkat, tekanan darah pun naik.

Dan jika kondisi seperti ini tidak cepat ditangani, dapat menyebabkan ginjal berhenti berfungsi. Dengan kondisi tersebut, maka tidak akan ada lagi organ tubuh dalam yang dapat menyaring darah dan membuang limbah keluar dari dalam tubuh. Darah yang ada didalam tubuh menjadi kotor karena fungsi ginjal tidak berjalan, serta kondisi seperti ini akan membuat seseorang harus hidup selamanya dengan melakukan Hemodialisis (cuci darah).

Baca juga : Manfaat Biji Buah Aprikot Untuk Kesehatan Dan Hipertensi

Benarkah Penyakit Hipertensi Berkaitan Dengan Penyakit Ginjal? |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *