Benarkah Hipertensi Dapat Menyerang Kaum Remaja?

Benarkah Hipertensi Dapat Menyerang Kaum Remaja,- Anggapan yang selama ini beredar mengenai Hipertensi adalah, Hipertensi adalah penyakit yang menyerang kamu manula yang rentan. Namun ternyata anggapan tersebut salah, salah besar! Hipertensi kini bisa terjadi bahkan pada remaja sekalipun. Hipertensi menurut pengertiannya mengacu pada tekanan darah seseorang yang beerada diatas 120/08 mmHg, baik ketika pemeriksaan ataupun dalam aktivitas sehari-hari.
hipertensi pada remaja
Jika hipertensi tidak dapat ditangani dengan benar, maka akibatnya akan fata. Hipertensi yang tidak cepat ditangani akan menyebabkan kerusakan pada jantung, karena jantung bekerja lebih keras, selain itu organ ginjal, otak dan mata juga akan mengalami kerusakan. Jika hal ini berlanjut, akan mengakibatkan stroke, serangan jantung dan bahkan kematian.

Ada beberapa faktor mengapa remaja juga bisa terkena penyakit hipertensi, dan berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi seorang remaja, juga mengidap hipertensi, diantaranya adalah:

  1. Remaja yang mempunyai keluarga hipertensi
    Hipertensi memang cenderung dipengaruhi oleh faktor keturunan. Oleh karena itu jika orang tua atau kakek nenek memiliki hipertensi, maka risiko remaja tersebut mengalami hipertensi akan lebih tinggi.
    Selain itu diketahui bahwa ras Afrika-Amerika lebih sering terkena hipertensi pada usia yang lebih muda dibandingkan dengan ras Kaukasoid.
  2. Remaja bertubuh gemuk
    Remaja bertubuh gemuk atau obesitas bisa mengalami hipertensi karena tubuhnya membutuhkan lebih banyak jaringan darah untuk mengangkut oksigen dan nutrisi, sehingga volume darah meningkat, maka tekanan pada dinding arteri pun ikut meningkat.
  3. Remaja dengan pola makan yang buruk
    Sebagian besar remaja punya pola makan sembarangan dan jarang sekali yang mau mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang. Remaja lebih memilih junk food atau makanan yang mengandung kadar garam (natrium) tinggi.
    Padahal kadar natrium yang tinggi membuat tubuh menarik air lebih banyak, kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kurangnya asupan vitamin D juga mempengaruhi, karena kalium yang cukup bisa membantu menyeimbangkan jumlah natrium di dalam sel.

Untuk mencegah terjadinya hipertensi, terutama para remaja, sebaiknya dilakukan sesegera mungkin perubahan hidup yang dapat membantu mengurangi dan mencegah hipertensi terjadi. Meskipun penyakit hipertensi ini ada karena faktor keturunan, lakukan perubahan pola hidup sehat dan jalani secara rutin untuk menekan terjadinya perkembangan hipertensi. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah mempertahankan / berusaha membentuk berat badan ideal, mengurangi konsumsi makanan asin terlebih garam, jangan merokok dan minum-minuman beralkohol serta berolahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Demikianlah, secara lengkap mengenai faktor dan pengertian dari hipertensi, untuk Anda yang memiliki anak remaja, atau bahkan Anda sendiri seorang remaja, lebih baik ini menjadi peringatan keras agar Anda bisa melakukan pola hidup sehat yang baik dan benar sekarang juga sebelum semuanya terlambat. Ingat selalu bahwa kesehatan itu mahal, dan semoga apa yang diterbitkan kali ini pada situs obathipertensi.net dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih dan salam!

– Benarkah Hipertensi Dapat Menyerang Kaum Remaja –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !