Banyak Orang Tidak Sadar Dirinya Mengidap Hipertensi

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang cukup banyak terjadi di Indonesia. Bahkan dari data riset kesehatan dasar 2013, terdapat 25,8% pasien Hipertensi. Namun sayangnya, mereka tidak sadar jika telah menderita Hipertensi.

Banyak Orang Tidak Sadar Dirinya Mengidap Hipertensi
Ketua Perhimpunan hipertensi Indonesia Dr. dr. Yuda Turana, SpS di kantor PERKI, Jakarta menyatakan bahwa lebih dari 60% pasien penderita Hipertensi tidak sadar jiak mereka terkena Hipertensi. Lebih dari 80% diantaranya tidak melakukan pengontrolan rutin terhadap tekanan darah.

Dokter Yuda juga mengatakan jika Hipertensi pada umumnya tidak memperlihatkan gejalanya. Karena itulah alasan Hipertensi juga disebut sebagai ‘silent killer‘ atau pembunuh diam-diam. Hipertensi baru diketahui justru setelah terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya. Salah satu gejala yang patut dicurigai adalah Hipertensi yaitu sering mengalami pusing.

Pencegahan utama yang dapat dilakukan adalahdengan rutin mengecek tekanan darah dan mengubah gaya hidup menjadi pola hidup sehat. Terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko Hipertensi. Penyakit ini muncul bisa disebabkan oleh faktor genetik dan gaya hidup. Hipertensi umumnya lebih banyak terjadi pada usia 35-55 tahun.

Akan tetapi, melihat gaya hidup kita yang sekarang ini dengan melakukan sesuatu segala praktis, Hipertensi juga ditemui pada usia yang lebih muda. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan yang tidak sehat yang dilakukan dari kecil hingga dewasa.

Tekanan darah normal jika kurang dari 140/90 mmHg. Namun jika tekanan darah dalam kisaran 130-139/85-89 mmHg, maka sudah termasuk pre-Hipertensi dan Anda harus segera mengubah gaya hidup lebih sehat agar tak lanjut menjadi Hipertensi. (sumber :health kompas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *