Bahaya Garam Untuk Penderita Hipertensi

Bahaya Garam Untuk Penderita Hipertensi,- Salah satu pantangan dari penderita Hipertensi yang harus dihindari adalah garam. Dengan membatasi dan menghindari garam, penderita Hipertensi akan berada dalam “zona aman”. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan asupan garam yang berlebih berbahaya bagi penderita Hipertensi karena meningkatkan risiko Hipertensi. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

Bahaya Garam Untuk Penderita Hipertensi

Bahaya Garam Untuk Penderita Hipertensi

Bahaya Garam Untuk Penderita Hipertensi Yang Harus Diketahui.

  • Jika menerima asupan garam perhari, maka tidak boleh lebih dari 1 sendok teh atau 6gram.
  • Asupan garam setengah sendok teh memberiman efek terhadap peningkatan tekanan sistolik sebesar 5 poin dan tekanan diastolik sebesar 3 poin.
  • Jika penderita Hipertensi tidak memperhatikan bagaimana memperhatikan asupan garam setiap harinya tentu tekanan darah akan mengalami peningkatan.
  • Kandungan Natrium yang berlebih tidak dapat diikat oleh ginjal. Jika terlalu banyak kondisi ini menyebabkan rasa haus sehingga membuat seseorang banyak mengkonsumsi cairan. Dampaknya, volume darah juga mengalami peningkatan. Namun sayangnya, volume darah yang meningkat tersebut tidak diseimbangi dengan kapasitas pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan.
  • Karena Natrium yang berlebih, kondisi ini juga menyebabkan risiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, dinding pembuluh darah mengalami pengelupasan yang parah dan menyebabkan penyumbatan hingga membuat gangguan kardiovaskuler atau gangguan ciri-ciri Jantung bocor.

Alasan mengapa penderita Hipertensi harus membatasi atau bahkan menghindari asupan garam, yaitu :

Akibat asupan garam berlebih menyebabkan peningkatan pada jumlah Natrium sekaligus tekanan darah di dalam tubuh. Risiko semakin membesar bagi seseorang yang tidak menjaga asupan makannya dengan baik terutama asupan garam. Seiring berjalannya usia, kondisinya akan semakin memburuk karena Hipertensi tersebut. Maka dari itu, sebelum kondisi tersebut terjadi ada baiknya untuk melakukan perubahan pada pola makan dan pola hidup kita.

Demikian informasi mengenai Bahaya Garam Untuk Penderita Hipertensi. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sehat selalu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.