Anak Dengan Berat Badan Berlebih Beresiko Hipertensi?

Sebagai orangtua ada baiknya Anda waspada jika anak mengalami kenaikan berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan anak-anak dengan berat badan berlebih atau obesitas, beresiko membuatnya menderita tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Dan bahaya dari Hipertensi sendiri adalah timbulnya komplikasi penyakit seperti Jantung, Stroke dan Diabetes.

Anak Dengan Berat Badan Berlebih Beresiko Hipertensi

Hal ini didukung dari penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini meliatkan 1.111 anak pada usia sekolah dengan rata-rata empat tahun. Dalam interval dua tahun sekali, para peneliti melakukan kunjungan sekolah dan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan merekam berat badan dan tinggi badan para anak-anak. Dari tindakan tersebut, ditemukan sedikitnya 40% dari jumlah anak-anak yang ada memiliki berat tubuh diatas rata-rata pada usianya, dan dari bagian 40% tersebut 14% diantaranya memiliki tekanan darah lebih tinggi dari normal. Sementara pada anak-anak yang memiliki berat tubuh normal, ditemukan hanya 5% yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kemudian ditariklah kesimpulan dalam penelitian ini jika kita harus benar-benar perlu khawatir mengenai anak-anak yang dalam kategotri kelebihan berat badan. Para ahli melihat temuan ini sebagai pemicu kewaspadaan yang harus disikapi oleh orangtua, dimana orangtua harus memiliki peranan paling penting untuk membantu kelangsungan masa perkembangan tubuh sang anak. Hipertensi pada anak menyimpan potensi komplikasi lebih luas dan berkelanjutan lebih vital lainnya, antara lain menenggarai berkembangnya anak menjadi orang dewasa yang memiliki Hipertensi.

Baca : Rekomendasi obat Hipertensi untuk anak-anak yang aman dan halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *