Akibat Hipertensi Beresiko Pikun Di Usia Tua

Penyakit Hipertensi selama ini lebih dikenal sebagai faktor resiko terjadinya penyakit berbahaya seperti stroke dan gangguan jantung. Namun dampak sebenarnya yang bisa terjadi dari Hipertensi justru bisa mempengaruhi keseluruhan organ tubuh.

Akibat Hipertensi Beresiko Pikun Di Usia Tua
Seperti dilansir dari laman Kompas Health, oleh Dr. dr. Yuda Turana, SpS mengungkap jika Hipertensi ternyata menjadi salah satu faktor resiko terjadinya kepikunan (Demensia) pada mereka yang berusia lanjut.

Dokter Yuda menjelaskan “Hipertensi usia muda yang tidak terkontrol faktor risiko pikun di usia senja,” ungkapnya. Selain itu, Hipertensi juga turut memengaruhi kerusakan pembuluh darah di otak yang memicu terjadinya stroke apabila tidak terkontrol.

Pada sejumlah penelitian ditemukan fakta bahwa Hipertensi juga menjadi penyebab rusaknya sel-sel di otak yang terkait dengan fungsi kognitif. Kerusakan tersebut bisa berlanjut menjadi Demensia.

Dalam penelitian juga diungkap bahwa pada wanita yang terkena gangguan Stroke, berpotensi mengalami kepikunan 7 kali lipat lebih banyak dibandingkan pada pria yang hanya beresiko 4 kali lipat. Saat ini Hipertensi juga tidak hanya menyerang kaum dewasa, tapi juga kaum muda. Apalagi jika sebelumnya dalam keluarga memiliki riwayat Hipertensi. Pemeriksaan tekanan darah secara rutin harus dilakukan untuk membantu menemukan penyakit hipertensi sejak dini. Dengan begitu, tekanan darah pun bisa dikontrol sejak dini.

Langkah terbaik yang dilakukan untuk mencegah Hipertensi adalah dengan memulai pola makan sehat dimulai dengan membatasi asupan garam, tidak merokok, hingga olahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Harga Diskon Menarik Pada Setiap Pembelian QnC Jelly Gamat, Selengkapnya Klik Disini !